Korban Abrasi Belum Berakhir, Kini Pura Kubu Mas Hancur Diterjang Ombak

Abrasi pantai di sepanjang kawasan pesisir Gianyar kisahnya belum berakhir. Setelah sekitar bulan Juni, Pura Sang Hyang Aye yang berada di pesisir Pantai Pabean, Ketewel, menjadi korban abrasi pantai, hingga kondisi bangunan amblas, Kamis pagi (27/7/2017), Pura Kubu Mas, terletak di pesisir Pantai Purnama Sukawati, Gianyar, Bali ambrol. Pura tersebut hancur di bagian pinggirnya.

0
159 views
Pura Kubu Mas Hancur Diterjang Ombak. (ist)
GIANYAR – Abrasi pantai di sepanjang kawasan pesisir Gianyar kisahnya belum berakhir. Setelah sekitar bulan Juni, Pura Sang Hyang Aye yang berada di pesisir Pantai Pabean, Ketewel, menjadi korban abrasi pantai, hingga kondisi bangunan amblas, Kamis pagi (27/7/2017), Pura Kubu Mas, terletak di pesisir Pantai Purnama Sukawati, Gianyar, Bali ambrol. Pura tersebut hancur di bagian pinggirnya.

Terlihat puing-puing Pura yang hancur jatuh dan roboh ke arah pantai. Bagian depan pura amblas, sehingga merobohkan kori (pintu masuk) dan penyengker pura. Terlihat kerusakan parah pada senderan batu yang sebelumnya menahan bangunan pura itu dari gempuran ombak. Sejumlah bangunan di dalam areal pura nampak masih utuh.

Sebelumnya, di Pura tersebut sudah dibangun senderan penahan ombak. Namun senderan itu juga amblas karena bagian bawahnya tergerus ombak.

Menurut Perbekel Desa Sukawati, Dewa Gede Dwi Putra, kerusakan bangunan pura akibat abrasi ini memang parah. Diperkirakan kerusakan itu terjadi sekitar 2 hingga 3 hari lalu, yang diiringi cuaca ekstrim.

Dewa Putra mengatakan, selama ini pesisir Sukawati memiliki bibir pantai sekitar 4 km. Dari jumlah itu baru 500 meter yang dilakukan penyenderan oleh pihak Balai propinsi Bali. “Untuk menghindari kerusakan yang serupa, kami berharap kegiatan penyenderan dipesisir pantai berlanjut,” katanya. (BT)