Vespa, Si Tua Yang Makin Eksis

0
116 views
Vespa./ist

VESPA dua tak atau biasa disebut Vespa tua, merupakan salah satu kendaraan roda dua paling tua yang masih eksis di Indonesia.

Bahkan dari segi harga, makin tua umur Vespa tua tersebut, makin mahal harganya, bahkan bisa melebihi harga-harga motor zaman sekarang. Kepala Bengkel Aneka Motor, Black mengatakan, saat ini Vespa dua tak tertua yang masih eksis di Indonesia adalah Vespa dua tak keluaran tahun 58-an.

“Vespa paling mahal bisa sampai Rp 50 jutaan, untuk yang tahun 58-an, Rp 50 jutaan lebih malah bisa. Kalau yang tahun muda kaya excel paling Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan tergantung kondisi, Rp 5 juta juga ada tahun muda 2000-2001,” ujarnya saat berbincang dengan detikOto, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain bodi yang kokoh dari besi yang bercampur baja, dan mesinnya yang bandel, ke antikan dari Vespa tua itu sendiri membuatnya masih memiliki harga, dan eksis di Indonesia.

“Banyak temen kan antik, barang langka juga itungannya, karena udah enggak keluar lagi modelnya dari pabrik, beda kaya motor sekarang, keluar lagi-keluar lagi produk barunya,” tutur Black.

Sedangkan untuk komponennya sendiri, lanjut Black mengatakan, untuk Vespa tua ini tidak sulit dicari. Namun, dirinya juga tidak menampik untuk komponen-komponen originalnya harus impor.

“Kalau sparepart di motornya masih ori, mau cari atau ganti yang lain enggak susah nyarinya. Paling yang susah barang-barang orian-nya. Kalau originalnya kan dia masih bawaan dari motornya, udah enggak produki lagi, jadi mau enggak mau ya inden atau online, cari di copotan-copotan gitu, kalau enggak di pameran,” pungasnya.(*)

Sumber: detikoto