• Jumat, 9 Desember 2022

Bali United Ikut Sosialisasi Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola dan Event Olahraga

- Kamis, 24 November 2022 | 22:10 WIB
 Bali United Ikut Sosialisasi, Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola dan Event Olahraga. Foto Bali United (Foto Bali United)
Bali United Ikut Sosialisasi, Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola dan Event Olahraga. Foto Bali United (Foto Bali United)



Balitren.com-Perwakilan manajemen Bali United menghadiri acara Sosialisasi Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola yang diselenggarakan oleh PT LIB untuk kontestan Liga 1 2022/2023 hari Kamis 24 November 2022 di The Sultan Hotel, Jakarta.

Total perwakilan 18 klub dari Liga 1 2022/2023 menghadiri acara tersebut yang terdiri dari Ketua Panpel, General Coordinator, Media Officer, Security Officer, dan Medical Officer.

Selama satu hari penuh, perwakilan klub ini mendengarkan pemaparan dari beberapa narasumber dalam kegiatan ini.

Adapun materi yang diberikan yaitu dari Kementerian Kesehatan dengan materi Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Pertandingan, Kementerian PUPR dengan materi Infrastruktur Olahraga, Kepolisian dengan materi Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga dan PSSI dengan materi Regulasi Keamanan dan Keselamatan.

Keempat materi ini dilaksanakan dengan penuh sukacita dan antusias dari para peserta.

Hal tersebut karena agenda ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan Liga 1 yang akan kembali bergulir pasca Tragedi Kanjuruhan awal Oktober lalu.

Baca Juga: Winger Bali United Privat Mbarga Komentari Jersey Unik Kamerun, Harap Timnas Bermain Sepenuh Hati

Melihat 4 materi yang diberikan tersebut, atensi tertuju pada peraturan baru yang sudah disahkan untuk memperkuat pelaksanaan suatu kompetisi olahraga di Indonesia.

Peraturan tersebut muncul setelah tragedi Kanjuruhan melukai sepak bola Indonesia.

Peraturan tersebut berasal dari Peraturan Polisi Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga yang telah ditetapkan pada 28 Oktober 2022.

Peraturan yang terdiri dari 6 Bab dan 35 Pasal sepenuhnya mengatur mengenai suatu aturan pengamanan kepolisian dalam mengayomi suatu kegiatan kompetisi olahraga termasuk sepak bola.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Satu-satunya Pemain Bali United yang Dipanggil Shin tae-yong, Ini Target di Timnas Indonesia

Pada 6 Bab tersebut diatur mengenai pengamanan, tahapan pengamanan, dan hakikat ancaman.

Pra Kegiatan pengamanan, pelaksanaan pengamanan dan pasca pengamanan.

"Polri harus memiliki peraturan dalam pengamanan sebuah kompetisi olahraga. Bukan hanya sepak bola yang menjadi perhatian tapi semua tentang olahraga.


Supaya tidak perlu lagi membuat aturan baru lagi ketika ada permasalahan di olahraga cabang lain.

Jadi langsung satu peraturan untuk semua cabang olahraga," jelas Brigjen Polisi Dedi Setia Budi di awal pemaparan materi.

Kehadiran peraturan polisi tersebut untuk pengamanan olahraga menjadi acuan yang jelas untuk memberikan perlindungan kepada para panitia pelaksana terutama ketua panitia pelakana dan security officer dalam mengatur keamanan pelaksana suatu kompetisi di sepak bola.

Baca Juga: Rekan Pelatih Bali United Teco Dampingi Tite Tangani Timnas Brasil di Piala Dunia, Siap Hadapi Jagoanya Spaso

Sementara itu, perwakilan manajemen Bali United, Richi Kurniawan menuturkan bila kegiatan selama satu hari yang terlaksana di Jakarta itu memberikan dasar pemahaman terhadap semua klub Liga 1 mulai dari bidang kesehatan, peraturan yang mengatur keamanan, infrastruktur olahraga, materi pengamanan
penyelenggaraan kompetisi olahraga dan PSSI dengan materi Regulasi Keamanan serta Keselamatan.

"Mewakili manajemen Bali United, kegiatan ini baik dilakukan oleh operator kompetisi agar setiap klub memiliki dasar dan pemahaman ketika sebuah kompetisi kembali terlaksana.

Besar harapan agar Liga 1 segera terlaksana kembali," ujar General Coordinator, Richi Kurniawan.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan praktek simulasi pengamanan sekaligus menutup acara penyuluhan ini hari Jumat (25/11) besok pagi di kawasan stadion yang ada di Senayan.

Semoga setelah kegiatan ini berlangsung, kabar kompetisi Liga 1 kembali terlaksana musim ini. (*)

 

 

Halaman:

Editor: Agung S

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X