• Jumat, 9 Desember 2022

Taktik Berani Herve Renard  dan Arab Saudi Terapkan High Defensive Line Kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022

- Rabu, 23 November 2022 | 07:48 WIB
Profil Hervé Renard, Sang Profesor dibalik Kesuksesan Arab Saudi Tekuk Argentina FC, Sejauh Mana Langkahnya di Piala Dunia 2022 Qatar? FOTO tangkapan layar IG  herve.renard.hr (FOTO tangkapan layar IG  herve.renard.hr)
Profil Hervé Renard, Sang Profesor dibalik Kesuksesan Arab Saudi Tekuk Argentina FC, Sejauh Mana Langkahnya di Piala Dunia 2022 Qatar? FOTO tangkapan layar IG herve.renard.hr (FOTO tangkapan layar IG herve.renard.hr)




Balitren.com-Kejutan besar tersaji pada laga pembuka grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Qatar, Selasa 22 November 2022 malam.

Argentina yang tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan terakhirnya bisa dipecundangi Arab Saudi yang di atas kertas berada dibawah mereka.

Kekalahan ini tidak lepas dari taktik berani yang diterapkan tim berjuluk Elang Hijau yang ditukangi Herve Renard.


Tak disangka pelatih berdarah Prancis pernah membawa Zambia dan Pantai Gading Juara Piala Afrika itu menginstruksikan anak asuhnya untuk menerapkan garis pertahanan yang tinggi (high defensive line) guna meredam keleluasaan Argentina dalam penguasaan bola.

Baca Juga: Profil Hervé Renard, Sang Profesor dibalik Kesuksesan Arab Saudi Tekuk Argentina, Sejauh Mana Kiprah di Qatar?

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Kekalahan Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Skuat Eropa vs Skuat Full Lokal

Namun hal ini kelihatan tidak lazim mengingat lini serang Argentina diisi penyerang berkecepatan tinggi seperti Lautaro Martinez, Di Maria dan Lionel messi.

Argentina sempat bisa melihat celah sehingga mencoba memanfaatkan ruang kosong dibelakang lini pertahanan Arab Saudi yang dipimpin Ali Al Buhyani.

Namun akurasi umpan yang kurang baik dari lini tengah Argentina dan suksesnya offside trap Arab saudi menyebabkan 3 gol Argentina dianulir karena terlebih dulu terjebak offside.

Alhasil, Argentina hanya dapat mencetak satu gol melalui titik penaltı oleh sang kapten tim, Lionel Messi menit ke-10.

Memasuki babak kedua pelatih Herve Renard kembali memperlihatkan kejeliannya membaca situasi game.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022, Strategi Jitu Herve Renard, Argentina dan Lionel Messi Tumbang dari Arab Saudi 1-2

Melihat pemain Argentina yang frustasi pada babak pertama, secara mengejutkan Arab Saudi langsung mengambil inisiatif menyerang dengan agresif, dan melepas umpan panjang ke kaki Saleh Al Shehri yang tuntas dikonversi menjadi gol penyama kedudukan 1-1 pada menit ke 49.

Belum hilang keterkejutan Argentina Karena gol pertama itu, skuad Arab Saudi kembali membobol gawang Argentina yang dikawal Emilio Martinez melalui tendangan spektakuler Al Dawsari menit ke-53.

Baca Juga: Viral, Buruh Protes Pabrik Sepatu Adidas, Bawa Nama Lionel Messi Jelang Laga Argentina di Piala Dunia 2022

Setelah dua gol kejutan dari Arab Saudi, Argentina langsung mengambil alih permainan untuk mengejar ketertinggalan.

Namun disiplin tinggi yang diperlihatkan pemain Elang Hijau dan terlebih dengan kokohnya Khalil Alowais sebagai tembok pertahanan terakhir membuat skor tidak berubah hingga akhir pertandingan.(*)

 

 

Halaman:

Editor: Agung S

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X